Suasana belajar
di dalam kelas sering kali menemukan titik kejenuhan sehingga menjadikan anak-anak
tidak semangat lagi dalam belajar. Hal ini menuntut guru agar menjadi kreatif
dalam menangani suasana kelas yg jenuh dan mengembalikan menjadi semangat lagi.
Seorang guru
kreatif tentunya lebih baik daripada guru yg tidak kreatif. Hal ini jika
disampaikan kepada guru-guru yg merasa dirinya sudah mapan dalam mengajar akan
menuai protes. Mungkin mereka sudah mempunyai metode yg mujarab dalam menangani
anak sehingga mereka yakin bahwa metode pembelajarannya sudah menarik dan
kreatif.
Hal inilah
yg biasanya membuat guru menjadi malas untuk belajar lagi, mereka sudah tidak mau lagi keluar dari
“zona nyamannya” padahal ketika mereka mau mengosongkan gelas (membuka fikiran
untuk belajar) pasti akan ada sesuatu hal yg bari atau ilmu baru yg ternyata
belum mereka miliki.
Nah, dalam
kesempatan ini kami akan membahas tentang ice breaking yang bisa diterapkan
guru di dalam kelas. Sebelumnya sudah kah anda tahu apa itu ice breaker...??
Ice breaker adalah peralihan situasi dari yang membosankan, membuat ngantuk,
menjenuhkan, dan tegang menjadi rileks, bersemangat dan senang untuk melakukan
aktivitas yg saat itu dilakukan.
Berikut contoh
games Ice breaker yang bisa diaplikasikan di dalam kelas saat kegiatan
belajar-mengajar :
1.
Urut kacang
Tujuan : kebersamaan dan kekompakan
Penggunaan : awal sebelum kegiatan dimulai
Lokasi : indoor atau outdoor
Prosedur :
- Siswa diminta berkumpul 10 orang perkelompok atau menyesuaikan.
- Setiap kelompok diminta berdiri baris berbanjar dengan “password”.
- Contoh “password” : berat badan, umur, jarak rumah, tanggal lahir nama sesuai abjad dll.
- Kelompok yang bisa menyelesaikan tugas sesuai urutan dengan benar dan cepat makan dia yg menang dan bisa diberi penghargaan.
2.
Gajah, Semut, Ular dan Cacing
Tujuan : keseimbangan otak kanan dan otak kiri
Penggunaan : di sela – sela kegiatan belajar
Tempat : indoor atau outdoor
Prosedur :
- Untuk mengawali ketika disebutkan “gajah” peserta menjawab “besar” dengan mengekspresikan tangan membuat lingkaran besar. Jika disebutkan “semut” dijawab “kecil” diekspresikan meneka jari kelingking menggunakan ibu jari. Jika disebutkan “ular” dijawab “panjang” diekspresikan kedua telapak tangan bergerak menjauh. Jika menyebutkan “cacing” dijawab “pendek” dengan kedua telapak di gerakkan mendekat.
- Selanjutnya kita ubah ekspresinya jika disebutkan “gajah” peserta menjawab “besar” dengan mengekspresikan jari kelingking ditekan dengan ibu jari
- Jika disebutkan “semut” dijawab “kecil” diekspresikan tangan membuat lingkaran besar
- Jika disebutkan “ular” dijawab “panjang” diekspresikan kedua telapak tangan bergerak mendekat.
- Jika menyebutkan “cacing” dijawab “pendek” dengan kedua telapak di gerakkan menjauh.
- Coba perhatikan apa yg terjadi, kebanyakan peserta akan kesulitan untuk melakukannya, tapi saat itulah otak kanan dan kirinya mulai bekerja bersama-sama.
3.
Sudah Rapikah Temanku
Tujuan : kepedulian terhadap sesama
Penggunaan : sebelum kegiatan pembelajaran
Lokasi : indoor atau
outdoor
Prosedur :
- Peserta diminta berpasangan 2 orang dan berhadapan
- Rapikan penampilan pasangannya mulai dari rambut sampai kaki
- Proses merapikan harus dilakukan dalam waktu yang bersamaan dan tidak boleh bergantian
- Perhatikan apa saja yg bisa di evaluasi
4.
Cek Bum
Tujuan : merangsang kecerdasan otak kanan
Penggunaan : di sela-sela kegiatan
Lokasi : indoor atau
outdoor
Prosedur :
- Jika disebutkan “cek” maka peserta harus tepuk tangan satu kali
- Jika disebutkan “bum” makan peserta menepuk kedua pahanya satu kali
- Setelah peserta lancar melakukannya, maka bisa di buat variasi dengan beberapa penyebutan sekaligus contoh : cek cek cek, bum bum bum, cek bum cek, bum cek bum, cek cek cek bum cek dll.
Itulah beberapa
permainan yang bisa diterapkan oleh guru di dalam kelas untuk menjadikan siswa
semangat dalam mengikuti pelajaran yg disampaikan. Untuk mendapatkan referensi
permainan yg banyak kami sarankan bapak ibu untuk memberikan program outbound
kepada siswa agar mereka menjadi semangat dan termotivasi dalam belajar.
Pandu Outbound
Indonesia, adalah salah satu provider outbound yang sudah memiliki ijin resmi
dari pemerintah dan telah bersertifikat resmi dari Badan Nasional Sertifikasi
Profesi (BNSP) selalu memberian games-games seru dan update dengan kebutuhan
konsumen, tidak hanya bermain tetapi juga memberikan nilai-nilai pendidikan dan
motivasi sehingga memberikan nilai plus bagi konsumen yg bekerjasama dengan
kami.
Beberrapa program
outbound terbaik kami adalah :
- Outbound Kids
- Outbound for student
- Outbound for teacher
- Outbound and parenting
- Family gathering
- Outbound recreational
Segera hubungi
0822 3469 2194
Atau di
Galeri Foto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar