Minggu, 04 Februari 2018

Membangun Reputasi di Medsos



Tren perusahaan saat ini mulai melakukan screening dengan melihat prilaku calon pelamar kerja di jejaring media sosial. Perusahaan akan melakukan berbagai cara untuk mencocokkan apa yg di tulis pelamar kerja di curiculum vitae dengan menilai karakter pelamar di media sosial. Mereka sadar Facebook, Twitter atau jejaring sosial lainnya, dipakai oleh pengguna untuk curhat, upload foto, update setatus, kirim gambar ke teman atau kirim video. Sadar atau tidak kadang apa yang kita tulis atau kota upload adalah materi tidak pantas, mengandung SARA, berkomentar tidak pada tempatnya.

Perusahaan mengintip privasi para pelamarnya dengan melihat media sosial bukan tanpa alasan. Perusahaan ingin mendpatkan karyawan yang fokus pada bidangnya dan membawa perusahaan menjadi lebih maju lagi. Saat ini banyak sekali hal-hal yg tak terduga terjadi di media sosial. Banyak penipuan merajalela melalui media sosial.
Kita harus sadar bahwa persaingan kerja semakin ketat, tidak mudah memenangkan persaingan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kita membangun reputasi di media sosial agar HRD dpat mengenali kita sebelum interview.

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk membangun reputasi di media sosial adalah :
1.      Bangunlah jaringan yang berkaitan dengan dunia professional anda
2.      Buatlah status positif di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
3.      Buatlah blogg untuk menulis segala hal yang anda minati
4.      Hentikan keluh kesah anda atau status yang berbau SARA. Jangan membuat status yg akan menghambat profesionalitas anda
5.      Scan ijazah, serifikat seminar dan pelatihan di media sosial untuk menunjang reputasi anda di media sosial.

6.      Anda bisa membuat video yang menunjukkan ceritas singkat anda kemudian upload di youtube. Hal ini akan menjadi pembeda anda dengan pesaing-pesaing anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Spesial Outbound Pelajar

Saat ini, kegiatan Outbound atau Outbound Manajemen Training semakin digemari oleh banyak kalangan, karena Outbound merupakan salah s...