Jumat, 02 Februari 2018

Outbound Kids


Membuat permainan outbound harus disesuaikan dengan usia peserta outbound, hal ini penting untuk mencapai tujuan outbound itu sendiri. Kali ini kita akan membahas permainan outbound untuk anak TK dan SD. Permainan outbond untuk anak TK dan SD ini bisa menjadi sarana belajar yang efektif. Meningkatkan kepercayaan diri anak, memupuk rasa percaya kepada teman, dan merangsang mereka untuk bisa bekerja sama di dalam kelompok.
Game ini lebih kepada game yang bersifat mudah (low game) dan have fun. Kalaupun ada tantangannya hanya sebagian kecil saja. Berikut adalah beberapa jenis game yang sering digunakan dalam kegiatan outbound anak TK atau anak SD kelas 1-2.
A. Keluarga Binatang
  • Golongan umur : 5 tahun ke atas
  • Tujuan permainan : ice breaking, energizer, learning dan communication
  • Jumlah peserta : 20 – 30 orang
  • Alat dan bahan :
    a. Penutup mata
    b. Kertas intruksi, berisi nomor dan gambar hewan. Kertas dipegang oleh pemandu permainan
Nomor urut peserta Jenis hewan yang diperankan
  1. Kucing
  2. Kambing
  3. Kuda
  4. Harimau
Cara bermain:
  • Kumpulkan semua peserta
  • Bagi peserta dalam beberapa kelompok terdiri dari 4-6 orang dan dipisahkan.
  • Mintalah peserta untuk menghitung dan mengingat nomor mereka masing-masing
  • Berilah kertas intruksi kepada tap-tiap kelompok dan masing-masing kelompok harus mengingat jenis hewan pada kertas intruksi yang diberikan.
  • Mintalah peserta untuk menutup mata dengan kain.
  • Intruksikan semua peserta untuk berkumpul sesuai dengan jenis hewan yang diperankan.
  • Untuk memanggil serta mengumpulkan jenis hewan, peserta hanya diperbolehkan menggunakan suara hewan yang diperagakan.
  • Kelompok yang menang adalah yang dapat berkumpul lebih dulu.
Manfaat :
Bagi peserta, khususnya anak – anak, permainan ini dapat memperkenalkan karakteristik hewan yang ada disekitarnya.
B. Darat, Laut dan Udara (nama dapat diganti sesuai dengan keinginan/variable)
Cara bermain:
  • Kumpulkan peserta dan dan mintalah mereka untuk membuat lingkaran atau berbaris.
  • Pemandu akan memandu permainan dengan bernyanyi dan berjalan berkeliling menghampiri peserta sambil mengucapkan kata “darat, laut atau udara”. Satu kata untuk satu peserta. Urutan kata “Darat, laut dan udara dapat diacak untuk mengecoh peserta.
  • Pada saat pemandu berhenti didepan salah satu peserta, maka dia harus menyebutkan nama hewan sesuai dengan habitatnya. Misalnya, kata yang diberikan kepada peserta adalah “darat” maka peserta tersebut harus menyebutkan hewan darat.
  • Peserta yang lambat merespon atau salah menjawab akan mendapatkan hukuman.
Manfaat
Permainan ini dapat membuat peserta tertawa dan gembira serta dapat mengubah kebiasaan yang sudah menjadi keseharian
C. Bercermin
  • Golongan umur : 6 tahun ke atas
  • Tujuan permainan : ice breaking dan perception (daya memahami)
  • Peserta tidak terbatas
Cara bermain:
  • Mintalah semua peserta untuk membuat baris jajar (Shaf) dan berdiri berpasangan saling berhadapan
  • Mintalah satu peserta untuk menjadi orang dan satunya menjadi bayangan.
  • Gerakan harus mengikuti gerakan orang yang ada di depannya.
Manfaat:
Permainan ini dapat meregangkan otot dan melancarkan peredaran darah setelah duduk dalam waktu yang lama atau setelah belajar di kelas.
D. Gajah dan Semut
  • Golongan umur : 6 tahun ke atas
  • Tujuan permainan : ice breaking, perception dan energizer
  • Jumlah peserta : idealnya sampai 25 orang
Cara bermain:
  • Mintalah peserta berkumpul membentuk lingkaran menghadap ke dalam. Pemandu berada dalam lingkaran dan sambil berjalan menghampiri peserta dengan mengucapkan kata “gajah atau semut” berulang-ulang.
  • Pada suatu saat, berhentilah pada salah satu peserta, sambil mengucapkan kata “gajah atau semut”. Jika pemandu mengucapkan kata “gajah” maka, peserta tersebut harus menjentikkan jari (ungkapan untuk benda yang kecil) sambil mengucapkan kata “besaaaaar”. Sebaliknya, jika pemandu mengucapkan kata “semut”, maka peserta tersebut harus merentangkan kedua tangannya dan membentuk lingkaran sambil mengucapkan kata “keciiiiiiiil”.
  • Peserta yang lambat merespon, jawabannya salah atau isyarat tangan salah maka mendapat hukuman atau dinyatakan gugur.
Manfaat:
Permainan ini untuk melatih kosentrasi anak.
E. Gelang berjalan ( Usia 7 tahun ke atas)
  • Golongan umur : 7 tahun ke atas
  • Tujuan permainan : Team building, learning dan energizer
  • Jumlah peserta : minimal 10 orang
  • Alat/bahan yang digunakan : tali raffia/holahop
Persiapan alat:
  • Potonglah tali sepanjang 6 meter dan hubungkan tiap ujung agar menjadi lingkaran
  • Buatlah sejumlah dengan jumlah peserta bila menggunakan holahop cukup menggunakan 1 holahop untuk 1 kelompok
Cara bermain:
  • Bagi peserta menjadi 2 kelompok dan masing-masing kelompok minimal 5 orang.
  • Mintalah setiap kelompok berdiri sejajar dan membuat lingkaran dengan tangan saling bergandengan. Berilah holahop/ tali tersebut pada peserta yang paling ujung dan kalungkan tali tersebut pada lehernya.
  • Mintalah peserta untuk memindahkan tali tersebut ke peserta lain tanpa melepaskan gandengan tangan.
  • Dalam permainan ini pemenangnya adalah yang data memindahkan dengan cepat.
Manfaat:
  • Belajar kecekatan dan kecepatan dalam melakkan sesuatu.
  • Belajar mengatur strategi dalam mensiasati perpindahan gelang dengan keterbatasan kondisi yang ada.
Permainan gelang berjalan ini juga dapat berbentuk seperti gambar dibawah ini :
Hasil gambar untuk PERMAINAN OUTBOUND anak
F. Melempar Tepukan
  • Golongan umur : 7 tahun ke atas
  • Tujuan permainan : ice breaker dan energizer
  • Peserta tidak terbatas
  • Alat atau bahan yang dibutuhkan : benda yang dapat dilempar (Misal: spidol, penghapus, bola dll)
Cara bermain:
  • Mintalah peserta untuk berdiri bebas.
  • Minta semua peserta untuk bertepuk tangan ketika pemandu melemparkan benda ke atas. Ketika benda jatuh dan ditangkap pemantu peserta harus berhenti bertepuk tangan.
  • Permainan dapat divariasi. Misal: lemparannya lebih tinggi atau rendah.
  • Lakukanlah gerakan tipuan untuk mengecoh para peserta.
  • Perhatikan peserta yang melakukan kesalahan dan memberinya hukuman.
Manfaat:
Permainan ini dapat melatih konsentrasi dan kesigapan para peserta sepanjang permainan.
G. Gelas Berjalan
  • Golongan umur : 7 tahun ke atas
  • Tujuan permainan : team building, ice breaker dan energizer
  • Alat/bahan : gelas plastik/air mineral, kain.
Cara bermain:
  • Bagi peserta menjadi 2 kelompok terdiri 4-5 orang.
  • Peserta ditempatkan 10 meter dari tiang lomba.
  • Lomba dapat dimulai dari garis start dengan meniup peluit atau aba-aba.
  • Setelah ada aba-aba peserta berlari ke tiang untuk menggerakkan gelas plastik yang berada diatas kain tersebut menuju garis finish dengan cepat.
  • Pemenangnya adalah peserta yang dapat membawa gelas plastik dengan waktu yang singkat dengan isi air yang lebih banyak.
Manfaat:
Permainan ini untuk melatih ketangkasan dan kecekatan.
H. Bergandeng Tangan (Usia 8 tahun ke atas)
  • Golongan umur : 8 tahun ke atas
  • Tujuan permainan : team building, energizer, dan communication
  • Jumlah peserta : 8 orang
Cara bermain:
  • Kumpulkan semua peserta, minta mereka untuk berdiri bebas.
  • Mintalah mereka untuk mengambil barang yang paling disukai yang ada disekitarnya. Lakukan hal ini tanpa menunjukkan barang yang diambil dan tempat asalnya kepada siapapun.
  • Bagi peserta dalam beberapa kelompk terdiri dari 4-6 orang.
  • Minta masing-masing kelompok untuk berkumpul dan berbanjar dengan saling menpautkan tangannya pada teman yang ada disampingnya.
  • Mintalah kelompok untuk mengembalikan barang yang diambilnya ke tempat semula dalam kondisi tangan tetap terpaut. Kelompok yang melepaskan pautan tangannya dinyatakan gugur.
Manfaat :
Permainan ini dapat melatih kerjasama dan kesigapan para peserta permainan.


Info outbound anak TK & PAUD
Pandu Outbound Indonesia
0822 3469 2194

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Spesial Outbound Pelajar

Saat ini, kegiatan Outbound atau Outbound Manajemen Training semakin digemari oleh banyak kalangan, karena Outbound merupakan salah s...